10 GOLONGAN ORANG YANG DO'ANYA MUSTAJAB

Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh.

*10 GOLONGAN ORANG YANG DO'ANYA MUSTAJAB.*

Bismillahirrahmanirrahim...
*✔️1. Doa seorang muslim terhadap saudaranya tanpa sepengetahuannya (H.R. Muslim) :*

*↗️Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya):*
“Tidak seorang muslimpun berdoa dari kejauhan untuk saudaranya muslim lainnya, melainkan malaikat “petugas/penjaga” akan berucap: Aamiin, dan engkaupun akan mendapatkan yang seperti (isi doamu) itu pula” (HR. Muslim dari sahabat Abud-Darda’ ra.).

*✔️2. Doa orang yang banyak berdoa (H.R. Tirmizi) :*

*↗️Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.:*
“Barangsiapa yang ingin doanya terkabul pada saat sedih dan susah, maka hendaklah memperbanyak berdoa pada saat lapang”. (Sunan At-Tirmidzi )

*✔️3. Doa orang yang teraniaya (H.R.Muslim).*

*↗️Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :*
“Takutlah kepada doa orang yang teraniyaya, sebab tidak ada hijab/ penghalang antara dia dengan Allah (untuk dikabulkannya doa itu)”. [Shahih Muslim, kitab Iman 1/37-38, dari Mu’adz bin Jabal Radhiyallahu ‘anhu]

*✔️4. Doa orang tua kepada anaknya (H.R. Abu Daud) :*

*↗️Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :*
“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud no. 1536. Syaikh Al Albani katakan bahwa hadits ini hasan).

*✔️5. Doa seorang musafir (H.R. Abu Daud) :*

*↗️“Tiga doa yang tidak tertolak yaitu :* doa orang tua, doa orang yang berpuasa, dan doa seorang musafir.” (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro, dan termaktub dalam Al-Silsilah Al-Ahadits Al-Shahihah karya Al-Albani no. 1797)

*✔️6. Doa orang yang berpuasa (H.R.al-Baihaqi ) :*

*↗️Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak :* orang yang berpuasa hingga ia berbuka, imam yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR Al-Tirmidzi no. 3522)

*✔️7. Doa orang dalam keadaan terpaksa / terjepit keadaan /orang mudhtharr (Q.S.an-Naml [27]:62) :*

*↗️Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :*
“Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepadanya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi ? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu menginga(Nya)”. [An-Naml/27 : 62]

"✔️8. Doa anak yang berbakti kepada orang tuanya (H.R.al-Bazzar):"

*↗️Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya):*
“Apabila seseorang meninggal, maka terputuslah (pahala) amalnya, kecuali dari tiga jalur amal: amal sedekah jariyah, ilmu yang tetap dimanfaatkan, dan anak saleh yang mendoakannya” (HR. Muslim).Dan di dalam hadits lain: “Sesungguhnya Allah akan meninggikan derajat seorang hamba yang saleh di Surga, sampai sang hamba itu berkata: Ya Rabbi, bagaimana aku bisa mendapatkan derajat setinggi ini? Maka Allah menjawab: Itu berkat doa istighfar putramu untukmu!” (HR. Ahmad, dan sanadnya dishahihkan oleh Ibnu Katsir).

*✔️9. Doa pemimpin yang adil (H.R. al-Baihaqi) :*

"↗️Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya):*
“Tiga orang yang doanya tidak tertolak adalah: orang yang sedang berpuasa sampai berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzalimi/teraniaya. Allah mengangkatnya ke atas awan, dibukakan baginya pintu-pintu langit, dan Allah berfirman (yang artinya): “Demi keagungan-Ku, pasti Aku akan menolongmu meski setelah beberapa waktu” (HR. At-Tirmidzi dan lainnya, dan dishahihkan oleh Al-Albani).

*✔️10. Doa orang yang bertobat (QS. An-Nisa' 4: Ayat 110) :*

*↗️Allah SWT berfirman:*
"Dan barang siapa berbuat kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian dia memohon ampunan kepada Allah, niscaya dia akan mendapatkan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. An-Nisa' 4: Ayat 110)

_Semoga Allah memberikan kita petunjuk dan hidayah-Nya agar di setiap ilmu yang kita miliki BSA bermanfaat, dapat menggerakkan kita untuk lebih dekat lagi kepada Allah. *Aamiin Ya Rabbal'Aalamiin.*_

*Selamat melaksanakan ibadah shalat..!™️.*

Komentar