TIGA PERKARA YANG MENJADI PENGHALANG MASUK SYURGA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarohkatuh.

_*TIGA PERKARA YANG MENJADI PENGHALANG MASUK SYURGA*_

Bismillahirrahmanirrahiim....
Setiap Insan yang beriman kepada Allah swt dan percaya akan Hari Akhir, sudah pasti semuanya berharap kelak di akhirat masuk kedalam SyurgaNya Allah.

*↗️Sebagaimana dikatakan dalam hadits,*
“Barang siapa datang pada hari Kiamat dalam keadaan bebas dari tiga perkara maka ia masuk surga, takabur, khianat, dan hutang” (H.R Nasai dan Ibnu Hibban).

Sungguh betapa bahayanya ketika kita sudah beriman dan beramal shaleh namun ketika meninggalnya kita membawa *Tiga perkara yang menjadi penghalang masuk surga yaitu, TAKABUR, KHIANAT DAN HUTANG.* Oleh karena itu kita semua harus menyiapkan diri sebelum kita di panggil oleh Allah swt agar kita senantiasa menghindari tiga perkara yang akan menjadi penghalang masuk syurga. Karena tidak ada yang tau kapan kita akan dipanggil dari Allah.

*✍️Agar kita dapat menghindari perkara-perkara yang dapat menjadi penghalang masuk kedalam syurgaNya Allah kita hal² yang perlu diketahui :*

*✔1. Takabur :*
Secara bahasa, takabur berasal dari kata kabura yang berarti besar. Takabur berarti merasa besar. Orang yang takabur adalah orang yang merasa dirinya besar (lebih segala-segalanya dari orang lain).

Sifat takabur (sombong) merupakan sikap yang sanagt dibenci oleh Allah SWT karena siifat takabur akan menumbuhkan kebencian di antara manusia dan tidak akan membawa manfaat, bahkan akan merugikan , baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

*↗️Sebagaimana Allah berfirman :*
Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri." (Q.S Luqman [31]: 18).

*↗️Selanjutnya Allah SWT berfirman :*
Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina". (Q.S Al-Muminun : 60)

*✔️️2. Khianat :*
Khianat merupakan perbuatan yang dilarang oleh Allah swt. Khianat adalah orang yang mengingkari janji atau amanat yang diberikan padanya.

*↗️Allah SWT Berfirman dlm Al-Qur’an :*
Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui". (QS. al-Anfal: 27).

Maka dari itu kita harus senantiasa bermawas diri agar tidak melakukan hal yang dilarang oleh Allah yakni berkhianat karena berkhianat juga akan menghalangi kita menuju syurgaNya Allah swt.

*✔3. Hutang :*
Hutang merupakan salah satu penghambat dan penghalang masuk syurga, seringkali kita menyepelekan hutang padahal sesungguhnya hutang itu merupakan penghalang menuju syurga.

*↗️Sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya :*
Setiap dosa yang mati diampuni kecuali hutang". (H.R. Muslim)

*↗️Nabi Muhammad SAW bersabda :*
Yang hutang dan yang menghutangi itu kewajibannya sama yang menghutangi wajib menagih dan yang hutang juga wajib membayar meskipun hutangnya hanya sebungkus vetsin ataupun sebuah jarum. Berdosalah orang yang menghutangi jika tidak mau menagih, dan berdosa pula orang yang berhutang tapi tidak mau membayar.

_☝️Jika kau ingin jalanmu mulus menuju ke syurga, segeralah membayar hutang tanpa harus menunggu ditagih oleh yang menghutangi. Berapapun besarnya hutangmu walau hanya sebuah jarum bayarlah jangan kau spelekan hal itu, jangan sampai kau meninggalkan hutang saat meninggal kelak. *Subhanallah.*_

*Selamat menjalankan ibadah shalat... !™️*

Komentar