NIKMAT YANG BANYAK DILALAIKAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh.

*NIKMAT YANG BANYAK DILALAIKAN.*

Bismillahirrahmanirrahim...
Menghitung nikmat yang telah Allah berikan merupakan pekerjaan yang sulit. Bagaimana tidak, Allah berfirman bahwa jika hamba ingin menghitung nikmat tersebut, maka tidak akan sanggup menghitungnya.

*✅Allah Ta'ala berfirman :*

وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللهِ لاَ تُحْصُوهَا إِنَّ اللهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

“ Dan jika kamu menghitung-hitung, nikmatilah Allah, niscaya kamu tidak dapat dihitung dan dihitung. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ”(QS. An-Nahl: 18).

*✅️Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu , dia berkata: Nabi Sallalahualaihiwas salam bersabda:*
“Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. (HR Bukhari, no. 5933)

*✅️Sungguh nikmat yang akan ditanyakan pada hamba pertama kali pada hari kiamat kelak adalah dengan pertanyaan:*
“Bukankah Kami telah memberikan kesehatan pada badanmu dan telah memberikan padamu air yang menyegarkan? (HR. Tirmidzi no. 3358. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

*✅️Dan (ingatlah) hari (ketika) orang-orang kafir dihadapkan ke neraka (kepada mereka dikatakan):*
"Kamu telah menghabiskan rezkimu yang baik dalam kehidupan duniawimu (saja) dan kamu telah bersenang-senang dengannya; maka pada hari ini kamu dibalasi dengan azab yang menghinakan” (QS. Al Ahqaf: 20). Demikian diterangkan dalam Taisir Al Karimir Rahman, hal. 933.

*✅️Allah SWT berfirman :*
Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya (QS. Al Isro’: 36). (Jaami’ul ‘Ulum wal Hikam, 2: 77).

*✅Mayoritas manusia banyak yang tertipu jika Allah berikan nikmat, padahal nikmat yang diberi akan dipertanggung jawabkan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :*

لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمْرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلاَهُ

“Kedua kaki seorang hamba tidaklah berpindah pada hari kiamat hingga ia ditanya mengenai umurnya, dimanakah ia habiskan; ilmunya, dimanakah ia amalkan; hartanya, bagaimana cara ia mendapatkannya dan ia infakkan; dan mengenai badannya, di manakah usangnya.” (HR. At-Tirmidzi)

*✅Ibnul jauzi pernah berkata :* "Terkadang manusia memiliki kesehatan namun tidak memiliki waktu luang. Terkadang manusia memiliki waktu luang tapi tidak sehat. Jika terkumpul dua nikmat tersebut pada diri seseorang tapi tidak dimanfaatkan, maka itulah orang yang tertipu.

*✅️Ibnu Mas’ud mengatakan :*

إنِّي لَأَبْغَضُ الرَّجُلَ فَارِغًا لَا فِي عَمَلِ دُنْيَا وَلَا فِي عَمَلِ الْآخِرَةِ

“Aku sangat membenci orang yang menganggur, yaitu tidak punya amalan untuk penghidupan dunianya ataupun akhiratnya.”

_Semoga Bermanfaat , wallahul muwaffiq._

Selamat menikmati fasilitas dari Allah... *waktunya untuk melakukan ibadah shalat...!™️

Komentar