PAHALA JARIYAH ILMU MU TERUS MENGALIR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

*PAHALA JARIYAH ILMU MU TERUS MENGALIR.*

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,
Keutamaan kaum muslim yang mempelajari dan mau menyebarkan ilmu syar'i, walaupun kita sudah meninggal, insyaallah amal jaryiah kita akan tetap mengalir, maka Bersemangatlahlah belajar, beramal dan berdakwah yang penting sesuai dengan Alquran dan al hadist, kita akan rasakan bahagia menerima hasilnya nanti" diakhirat

Allah Ta'ala telah mendukung ilmu pengetahuan dan pemiliknya serta mendorong hamba-hamba-Nya untuk berilmu dan membekali diri sendiri.

*↗️Ibnul Mubarak rahimahullah berkata:*
"Aku tidak mengetahui setelah kenabian, sebuah derajat yang lebih utama dari menyebarkan ilmu.” (Tahdzibu al-Kamal, 16/20)

*↗️Ibnul Jauzi rahimahullah berkata:*
"Barang siapa yang menyukai amalannya tidak terputus setelah dia meninggal, maka hendaknya dia menyebarkan ilmu.” (at-Tadzkirah-55)

*↗️Allah SWT berfirman: :*
"Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya." (QS. Az-Zalzalah 99: Ayat 7)

*↗️Dari abu HURAIRAH Radhiallahu anhu :*
Jika seorang meninggal terputus segala amalannya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah (seperti membangun masjid dan semisalnya yang bisa dimanfaatkan setelah meninggalnya), ilmu yang bermanfaat atau anak salih yang mendoakan kebaikan kedua orang tuanya" (HR Imam Muslim)

*↗️Sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam Selanjutnya menjelaskan :*
"Barang siapa menunjukkan suatu kebaikan akan mendapatkan pahala yang semisalnya" diriwayatkan Imam Muslim (1893) dari Abu Masud

*↗️Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:*
“Keutamaan ilmu lebih baik dari pada keutamaan ibadah, dan agama kalian yang paling baik adalah al-wara '(ketakwaan).”

*↗️Rasulullah shallallaahu' alaihi wa sallam bersabda :*
“Ketahuilah, sungguh dunia yang dilaknat dan dilaknat apa yang ada di dalamnya, kecuali dzikir kepada Allah dan ketaatan bagi-Nya, orang berilmu, dan orang yang mencari ilmu."

*↗️Allah subhanahu wa ta'ala berfirman :*
Orang yang berilmu akan ditempatkan oleh Tuhan pada posisi yang terpuji dan amat termuliakan (QS. Al-Mujadilah 58: Ayat 12)

*↗Selanjutnya ️Allah SWT berfirman :*
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (QS. Al-Mujadilah 58: Ayat 11)

*↗️Dari 'Abdullah bin' Amr, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :*
" Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat " (HR. Bukhari no. 3461).

▶️Yang dimaksud dengan hadits ini adalah sampaikan kalimat yang bermanfaat, dapat dibuat dari ayat Al Qur'an atau hadits (Lihat Tuhfatul Ahwadzi , 7: 360).

_Semoga bermanfaat dan memotivasi kita untuk semakin bersemangat dalam mencari dan mengamalkan ilmu, dan Allah Subhanahu Wa Ta'ala membalasnya dengan pahala Jariyah. *Wallahu A’lam Bishshawab.*_

*Selamat menjalankan ibadah shalat...!™️*

Komentar