UJIAN KEIMANAN BAGI UMAT ISLAM

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarohkatuh.

*UJIAN KEIMANAN BAGI UMAT ISLAM.*

Bismillahirrahmanirrahim...
Allah SWT akan menguji kesungguhan keimanan kaum Muslim dengan banyak ujian sehingga diketahui siapa yang benar-benar beriman atau pura-pura beriman alias berbohong; siapa yang sabar, siapa yang kufur, siapa yang munafik, dan siapa yang siap berjihad atau yang lari dari medan jihad kerena lemah iman.

*↗️Allah ta'ala berfirman :*
"Apakah manusia itu mengira, bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, sehingga Allah mengetahui orang-orang yang benar dan pendusta.” (QS Al-Ankabut [29]: 2-3).

*✔1. ️Ujian Keimanan: Kesenangan dan Kesusahan :*

*↗️Secara umum, Allah SWT menguji keimanan kaum Muslim itu dengan dua jenis ujian, sebagaimana dinamika dan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan di dunia:*
Kesenangan atau kenikmatan
Kesusahan atau kesengsaraan,
"Sungguh akan kami uji (iman) kalian dengan kesusahan dan (dengan) kesenangan. Dan hanya kepada Kamilah kalian akan dikembalikan…” (QS Al-Anbiya’ [21]: 35)

*↗️Allah dalam berfirman yang lain :*
“Dan sungguh akan Kami uji (iman) kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS Al-Baqoroh [2]: 155).

*✔️2. Ujian Keimanan: Perintah & Larangan Ujian keimanan secara umum adalah :*

*➡️Perintah dan larangan Allah SWT.* Dalam Islam ada hal yang wajib dilakukan, seperti dalam Rukun Iman dan Rukun Islam, dan ada hal yang tidak boleh dilakukan, seperti perbuatan keji dan menyekutukan Allah SWT:

*↗️Allah berfirman :*
"Katakanlah: “Rabb-ku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak maupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu, dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa saja yang tidak kamu ketahui.” (QS Al-A’raf [7]: 33).

*✔3. ️Ujian Keimanan: Sesuai dengan Kadar Iman :*

*➡️Allah SWT akan menguji seorang mukmin sesuai dengann kadar keimanannya:*
“Ya Rasulullah, manusia mana yang paling berat menanggungkan bala’ (ujian iman)?”. Jawab Nabi: “Para Nabi, kemudian yang seumpamanya. Kalau seseorang ringan (lemah) dalam din (agama)-nya, maka ia diberikan cobaan sesuai dengan kadar din-nya. Dan kalau agama seseorang kuat, maka kadar ujian iman yang Allah berlakukan terhadap dirinya berat. Senantiasa seorang hamba menerima bala’, sehingga dosanya hapus” (HR Bukhari).

_Demikianlah jenis-jenis ujian keimanan bagi Umat Islam. Semoga kita senantiasa mampu menghadapinya dan lulus dari ujian-Nya. Amin...! *Wallahu a'lam bish-shawabi.*_

*Selamat menjalankan shalat...!™️*

Komentar