EMPAT KUNCI UNTUK MMEASUKI SURGA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh.

*EMPAT KUNCI UNTUK MMEASUKI SURGA.*

Bismillahirrahmanirrahim...
*↗️Empat kunci ini telah Allah subhanahu wa ta’ala isyaratkan dalam surat al-‘Ashr:*
Artinya: “Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang (1) beriman[1], (2) beramal shalih, (3) saling nasehat menasehati dalam kebaikan dan (4) saling nasehat menasehati dalam kesabaran”. QS. Al-‘Ashr: 1-3.

*✍️Berikut penjabaran ringkas, masing-masing dari empat kunci tersebut di atas :*

*✅1. Kunci Pertama: Ilmu :*

Yang dimaksud dengan ilmu di sini adalah ilmu agama, yaitu ilmu yang berlandaskan al-Qur’an dan Hadits dengan pemahaman para sahabat Nabishallallahu 'alaihiwasallam.

*↗️Sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam dalam sabdanya :*
“Mencari ilmu hukumnya wajib atas setiap muslim”. HR. Ibnu Majah dari Anas bin Mâlik, dan dinyatakan sahih oleh Syaikh al-Albâni dalam tahqiqnya atas Misykâh al-Mashâbîh.

Di antara beragam disiplin ilmu agama, untuk yang utama mempelajari ilmu tauhid. Karena itulah pondasi Islam dan inti dakwah seluruh rasul dan nabi.

*↗️Allah ta’ala berfirman :*
Artinya: “Dan telah Kami utus seorang rasul di setiap umat (untuk menyerukan) sembahlah Allah semata dan jauhilah thaghut”. QS. An-Nahl: 36.

*✅2. Kunci Kedua: Amal :*

"Setelah memiliki ilmu berkewajiban mengamalkan ilmu yang telah ia miliki tersebut. Ilmu hanyalah sarana yang mengantarkan kepada tujuan utama yaitu amal. Demikianlah urutan yang ideal antara dua hal ini; ilmu dan amal.

Seorang yang memiliki ilmu namun tidak mengamalkannya akan dicap menyerupai orang-² golongan yang tersesat.

*↗️Dua golongan ini Allah singgung dalam ayat terakhir surat al-Fatihah:*
Artinya: “Tunjukkanlah pada kami jalan yang lurus. Yaitu jalan golongan yang engkau karuniai kenikmatan atas mereka, bukan (jalannya) golongan yang dimurkai ataupun golongan yang tersesat“. QS. Al-Fatihah: 6-7.

*✅3. Kunci Ketiga: Dakwah:*

Setelah seorang hamba membekali dirinya dengan ilmu dan amal, dia memiliki kewajiban untuk mendakwahkan ilmu yang telah ia raih dan ia amalkan kepada orang lain, terutama pada keluarganya

*↗️Allah ceritakan dalam firman-Nya :*
Artinya: “Dan berilah peringatan (terlebih dahulu) kepada keluarga terdekatmu”. QS. Asy-Syu’arâ’: 214.

*↗️Selanjutnya Allah ta’ala berfirman :*
Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka”. QS. At-Tahrîm: 6.

*↗️Dalam rangka mengamalkan firman Allah ta’ala perlu mengajarkan dengan hikmah :*
Artinya: “Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, serta berdebatlah dengan mereka dengan jalan yang baik”. QS. An-Nahl: 125.

*✅4. Kunci Keempat: Sabar :*

Kesabaran dibutuhkan oleh setiap muslim ketika ia mencari ilmu, mengamalkannya dan mendakwahkannya, karena tiga fase ini susah dan berat. jalan menuju ke surga diliputi dengan hal-hal yang tidak disukai oleh nafsu.

*↗️Dalam hadits shahih disebutkan :*
“(Jalan menuju ke) surga diliputi dengan hal-hal yang dibenci (nafsu), sedangkan (jalan menuju ke) neraka diliputi dengan hal-hal yang disukai hawa nafsu”. (HR. Muslim dari Anas bin Mâlik radhiyallahu’anhu.)

_👍Inilah empat kunci masuk surga, semoga Allah ta’ala melimpahkan taufiq-Nya kepada kita semua untuk bisa meraihnya, *Aamiin Allahumma Aamiin.*_

_Wallahu ta’ala a’lam. Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi ajma’in._

*Selamat Beraktifitas...!™️*

Komentar