MENSYUKURI NIKMAT, TERHINDAR ADZAB

    ๐Ÿ’ซ๐ŸŒŽ✨
Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.


MENSYUKURI NIKMAT, TERHINDAR ADZAB

✍️  Bersyukur, pada hakikatnya ialah mengakui dengan sadar, bahwa nikmat-nikmat yang telah diterimanya selama ini adalah dari Allah SWT. Mengakui dengan disertai tawaddu', dan kecintaan kepada-Nya.

 Allah SWT berfirman:
ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ุฃَุฎْุฑَุฌَูƒُู…ْ ู…ِู†ْ ุจُุทُูˆู†ِ ุฃُู…َّู‡َุงุชِูƒُู…ْ ู„َุง ุชَุนْู„َู…ُูˆู†َ ุดَูŠْุฆًุง ูˆَุฌَุนَู„َ ู„َูƒُู…ُ ุงู„ุณَّู…ْุนَ ูˆَุงู„ْุฃَุจْุตَุงุฑَ ูˆَุงู„ْุฃَูْุฆِุฏَุฉَ ۙ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชَุดْูƒُุฑُูˆู†َ
Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.
(QS. An-Nahl : 78).

✍️ Rasulullah SAW adalah orang yang paling mengenal Allah  Ta'ala, paling takut, namun paling bersyukur.
Dalam hadist shahih dari sahabat Mughiroh bin Syu'ban ra, fisik berkata:
"Sungguh dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi WA sallam menegakkan sholat malam hingga membengkak betis atau kakinya. Ketika ditanya tentang itu, beliau menjawab, "Apa aku tidak boleh menjadi hamba yang bersyukur?
(HR. Bukhari dan Muslim).

 ✍️  Iblis dalam hal ini tidak tinggal diam. Sasaran utama iblis ialah mematahkan amalan bersyukur ini. Iblis mengetahui bahwasanya amalan syukur merupakan kedudukan yang paling tinggi.
Godaan iblis ini pada ucapannya yang tertuang dalam surat al-A'raf, ayat 17,

ุซُู…َّ ู„َุขุชِูŠَู†َّู‡ُู…ْ ู…ِู†ْ ุจَูŠْู†ِ ุฃَูŠْุฏِูŠู‡ِู…ْ ูˆَู…ِู†ْ ุฎَู„ْูِู‡ِู…ْ ูˆَุนَู†ْ ุฃَูŠْู…َุงู†ِู‡ِู…ْ ูˆَุนَู†ْ ุดَู…َุงุฆِู„ِู‡ِู…ْ ۖ ูˆَู„َุง ุชَุฌِุฏُ ุฃَูƒْุซَุฑَู‡ُู…ْ ุดَุงูƒِุฑِูŠู†َ

Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).
(QS. Al-A'raf : 17).

 ✍️ Syukur ialah dengan hati, lisan, dan anggota badan.
Dengan hati ialah tunduk, ridha dan cinta.
Dengan lisan ialah memuji dan mengakui.
Dengan anggota badan ialah taat dan patuh.

✍️  Allah Ta'ala menjamin, bahwasanya tidak ada alasan untuk mengadzab hamba-Nya, selama mereka masih beriman dan bersyukur atas nikmat-nikmat yang diterimanya.

✍️ Sebagaimana FirmanNya,

ู…َุง ูŠَูْุนَู„ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ุจِุนَุฐَุงุจِูƒُู…ْ ุฅِู†ْ ุดَูƒَุฑْุชُู…ْ ูˆَุขู…َู†ْุชُู…ْ ۚ ูˆَูƒَุงู†َ ุงู„ู„َّู‡ُ ุดَุงูƒِุฑًุง ุนَู„ِูŠู…ًุง

 Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.
(QS. An-Nisa' : 147).


Komentar